Rabu, 14 Oktober 2020

Punya Bekas Cacar Membandel? Cumi-cumi Bisa Bantu Menghilangkannya

Bukan hal aneh jika banyak orang melakukan pencarian di Google tentang resep olahan cumi, sebab cumi-cumi memang salah satu seafood yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Namun, bukan hanya enak ternyata cumi-cumi juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas cacar pada kulit.

 

Manfaat cumi-cumi yang satu ini belum banyak diketahui orang sehingga belum banyak digunakan. Namun, mereka yang sudah mencobanya meyakinkan bahwa serbuk cumi memang ampuh menghilangkan bekas cacar yang membandel. Jika Anda memiliki masalah dengan bekas cacar, memanfaatkan cumi bisa jadi alternatif menghilangkannya.

Punya Bekas Cacar Membandel Cumi-cumi Bisa Bantu Menghilangkannya

Menghilangkan Bekas Cacar dengan Cumi-cumi

Penyakit cacar merupakan salah satu penyakit kulit yang pernah diderita hampir semua orang. Setidaknya, sekali seumur hidup manusia akan mengalaminya. Penyakit cacar bisa meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Namun, ternyata serbuk cumi-cumi bisa jadi cara ampuh mengatasi masalah tersebut. Berikut langkah-langkah membuat serbuk cumi:

 

1.     Pilih Cumi-cumi Segar

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan bahan dasar, yaitu cumi-cumi. Belilah cumi yang dagingnya masih berwarna putih dan bagian kulit luarnya belum robek dan masih kemerahan. Karena cumi dengan ciri demikian merupakan cumi segar.

Bisa menggunakan cumi dengan ukuran kecil hingga besar, ukuran beratnya, sekitar 250 gram hingga 500 gram. Bersihkan cumi dengan membuang kantong tinta dan tulang rawannya. Jika menggunakan cumi besar sebaiknya dipotong-potong dahulu.

 

2.     Jemur Cumi-cumi Hingga Kering dan Bersih

Langkah berikutnya menjemur cumi yang sudah dibersihkan hingga benar-benar kering. Sebaiknya, Anda benar-benar menggunakan cumi yang dikeringkan sendiri, bukan cumi kering yang banyak dijual sebagai bahan utama resep olahan cumi untuk masakan sehari-hari.

 

Semakin rendah kadar air dalam cumi yang Anda keringkan, maka akan sangat bagus untuk pembuatan serbuk cumi. Sebaiknya, jemur langsung di bawah terik matahari. Jika cuaca terik hanya membutuhkan 2-3 hari penjemuran.

 

3.     Tumbuk Cumi-cumi Kering

Selanjutnya, ambil cumi kering dan tumbuk hingga halus. Cumi harus benar-benar ditumbuk bukan menggunakan mesin pemotong halus seperti blender kering. Hal ini ditujukan agar benar-benar menghasilkan serbuk halus.

 

4.     Ayak Hingga Mendapatkan Serbuk Halus

Ayak serbuk cumi dengan menggunakan ayakan tepung agar bagian yang kasar dan benar-benar halus dapat terpisah. Jika ada yang belum benar-benar halus bisa ditumbuk kembali, kemudian diayak ulang.

 

5.     Aplikasikan pada Kulit

Setelah mendapatkan serbuk yang paling halus tinggal mengaplikasikannya pada kulit. Anda bisa mencampurkan serbuk secukupnya dengan air kemudian mengoleskannya pada kulit berbekas cacar. Gunakan setidaknya satu kali sehari untuk hasil optimal. Setelah seminggu penggunaan hasilnya akan mulai terlihat.

 

Nyatanya, cumi tak hanya enak disantap tapi juga memiliki manfaat menghilangkan bekas cacar. Informasi seputar parenting ini sangat bermanfaat untuk menambah khazanah pengetahuan Anda. Bukan hanya memperkaya diri dengan berbagai resep olahan cumi, tapi Anda juga mengetahui cara lain memanfaatkan hewan bertinta ini.

Load disqus comments

0 komentar