Kamis, 13 Agustus 2020

Buah Manis Jadi Tuli Bagi Pamungkas

Buah Manis Jadi Tuli Bagi Pamungkas - Rizky Pamungkas tidak pernah meminta dilahirkan dengan usus pendek sehingga harus dicangkok. Ia sempat mendapat asupan makanan melalui infus yang menyebabkan terlalu banyak tekanan pada tubuh, hingga akhirnya telinganya mengalami iritasi.

Orang tua dan kedua saudara laki-lakinya merahasiakan kondisi Pam, begitu sahabat Pamungkas dipanggil. Ibunya yang berprofesi sebagai psikolog hanya meminta les drum pada Pam pada usia 8 tahun. Dengan tujuan agar telinga Pamungkas bisa pulih kembali karena suara alat musiknya sangat keras. Pam hanya mengambil les drum selama satu tahun karena baginya proses belajarnya terasa lama. Dia kemudian beralih ke bermain piano dan gitar secara otodidak. Padahal, dia sempat les gitar meski hanya bertahan satu bulan.

Secara tidak langsung, alat musik membantu menyadarkan dan memulihkan telinga Pam. Telinga kanan yang tuli sebagian sembuh total, sedangkan telinga kiri yang tuli sebagian menjadi tuli sebagian. Sampai saat ini kedua telinga bisa mendengar dengan baik.

Saya baru mengetahuinya ketika saya berumur 18 tahun pada tahun 2011. Saat itu saya bermain di Ambon Jazz, setelah setengah jam lepas dari drone di telinga kiri saya tidak hilang. Kata dokter ada yang putus karena tekanan udara, ”kata Pamungkas saat berkunjung ke kantor.

Pam melanjutkan, "Saya baru tahu ada konspirasi dalam hidup saya selama ini. Sejak Ambon Jazz menjadi telinga saya yang biasa sampai saat ini. Tapi sebenarnya ada yang jadi masalah buat saya, karena saya terlalu sensitif. Seperti tuli. telinga tiba-tiba bisa mendengar semuanya. "

Buah Manis Jadi Tuli Bagi Pamungkas

Musisi berusia 26 tahun itu ingat bahwa ia tidak mengalami masalah memainkan alat musik sejak ia masih kecil, ketika ia setengah tuli. Termasuk saat belajar menjadi produser bersama Hari Budiman yang pernah memproduseri grup musik Element. Saat itu dia terlibat langsung di studio rekaman.

Di studio, kata Pam, dia mulai dari bawah. Mulai dari membuat kopi, membeli rokok, melilitkan kabel hingga menjadi operator rekaman. Kemudian naik untuk mengisi gitar untuk rekaman, menjadi co-produser dan akhirnya menjadi produser. Kemudian saat ia masih duduk di bangku kelas 4 Sekolah Dasar tahun 2002 ia sempat tur sejumlah band bersama ayahnya yang memiliki manajemen artis bernama Oxygen Entertainment. Dia juga anggota kru band Tangga.

Dia juga bergabung sebagai gitaris dan penyanyi latar di sebuah band bernama Potenzio. Band ini terdiri dari dua saudara kandung Pam dan satu sepupu, hanya satu di antaranya yang bukan anggota keluarga. Potenzio merilis album pertamanya yang berjudul 'Orange' pada tahun 2009 "Selama waktu itu saya tidak tahu apakah saya tuli.

Bagaimana Buah Manis Jadi Tuli Bagi Pamungkas?

Ketika saya masih kecil, musik adalah impian saya, tempat saya ingin bermain. Orang dewasa ingin merekam sedikit, membuat album dan bikin lagu-lagu bagus. Hingga akhirnya musik jadi musik. media, "kata Pamungkas.

Saat ini Pamungkas sudah merilis album perdananya yang bertajuk 'Walk The Talk' pada 2018. Ia mulai memutuskan bersolo karier pada 2014 karena personel Potenzio yang lain tak mau tampil di media. Bahkan hingga saat ini, band yang mendampingi Pam masih ditempati oleh personel Potenzio.

Memang, ada banyak sekali stok lagu. Ada beberapa bahasa Indonesia, tapi bagi saya pribadi menulis lirik bahasa Indonesia lebih sulit karena bahasanya lebih kaya dan satu kata memiliki banyak arti. Menulis itu tidak gampang apalagi nyanyi, ”ujar Pam. Pam sangat fokus melakukan 'Walk The Talk' pada Januari 2018. Demikian artikel tentang Buah Manis Jadi Tuli Bagi Pamungkas semoga bermanfaat terima kasih.

Load disqus comments

0 komentar